26 Okt 2010

Tutorial membuat form "Sisnets" di Ms. Acces

Kenalan dengan Ms. Acces
Microsoft office Acces adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditunjukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunkannya untuk mengembangkan software aplikasi yang kompleks, sementara bagi pemula dapat mengembangkan aplikasi software yang sederhana.

Sambutan ketua RT
Kali ini saya akan memberikan tutorial membuat form dengan Ms. Office Acces 2010. Tutorial ini saya buat sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh guru TIK kelas TI, yaitu bapak Beni Tresnadi. Jadi buat temen-temen yang kesulitan dalam mebuat database dengan Ms. Acces, saya harap tutorial ini bisa membantu, saya juga minta maaf karena ga bisa ngajarin temen-temen semua secara langsung dan satu per satu, bukan karena saya pelit tapi karena saya juga ga ngerti Ms. Acces ^^V.

The Tutorial!
Kita akan membuat database sesuai Tabel Data di bawah ini:
Mari kita mulai dengan membaca Basmallah

Pertama, buka jendela Ms. Acces, lalu buat database baru dengan menekan tombol "create", jangan lupa mengisi kolom "File Name" dengan nama "sisnets".

Setelah itu akan muncul Tabel1, Klik kanan tulisan "Tabel1" dan pilih "Design View". Lalu akan muncul jendela "Save As", di jendela ini anda bisa mengganti nama "Tabel1" menjadi "siswa", karena kita akan membuat form pengisian data siswa.

Isi kolom "Field Name" dan "Data Type" sesuai perencanaan kita sebelumnya. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah, "Data Type" dan "Field Size". "Data Type" adalah tipe data yang akan dimunculkan pada form nanti, dapat berbentuk text, currency, lookup ataupun date.
"Field Size" adalah ukuran jumlah huruf yang diperbolehkan di kolom tersebut.
Pada baris "ID" masukan nilai "Field Size" menjadi 10.
Pada baris "Jenis Kelamin" ubah "Data Type" menjadi "Lookup Wizard", lalu akan muncul jendela "Lookup Wizard" lalu pilih "I will type in the values that I want" > next > dan pada baris pertama isi dengan huruf L yang berarti Laki-laki, pada baris kedua isi dengan huruf P yang berarti Perempuan > next > finish.

Pada baris "Kelas" ubah "Data Type" menjadi "Lookup Wizard" > pilih "I will type in the values that I want" > finish (biarkan values kosong, karena kita belum tahu jumlah kelasnya)

Pada baris "Tanggal Lahir", "Data Type" diubah menjadi "Date/Time"
Pada baris "Alamat", "Data Type" diubah menjadi "Memo"Pada baris "Uang SPP" ubah "Data Type" menjadi "Currency", dan pilih format "Standard", lakukan langkah yang sama pada baris "Uang DSP".

Sekarang save tabel siswa, kemudian tutup jendela siswa : Table.

Setelah ditutup, klik "Siswa : Table" lalu klik "Form" untuk membuat form.
Form pun akan terbentuk, untuk mengubah susunan form terlebih dahulu pastikan viewnya dalam keadaan "Layout View".

Untuk merubah ukuran kolom "Jenis Kelamin" secara horizontal, Klik kanan pada kolom tersebut > Merge/Split > Split Horizontally. Ulangi beberapa kali sampai ukurannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Form pun telah selesai kita buat, jangan lupa ucapkan Alhamdulillah. See you on the next tutorial!

2 komentar: