1 Jul 2012

Membuat Teks Foto

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat teks foto dengan menggunakan Adobe Photoshop. Mungkin sobat blogger sering melihat desain seperti ini, nah sekarang saya ingin sharing mengenai langkah-langkah pembuatannya. Disimak ya sob!


Ciptakan file baru!
Hal pertama yang anda harus lakukan adalah membuat file baru pada Adobe Photoshop dengan cara klik File > New. Atau anda bisa menggunakan shortcut dengan menekan Ctrl + N.


Tulis teksnya
Tulis teks yang anda inginkan, untuk desain ini gunakan teks yang tebal dan jangan lupa anda bold teks tersebut agar lebih terlihat tebal lagi. Hal ini bertujuan agar foto yang nanti kita pasang dapat terlihat banyak.
Tulis teksnya

Masukan foto-foto
Sekarang silahkan masukan foto-foto yang anda inginkan ke file teks yang tadi kita buat dengan cara menyeretnya (drag) ke bidang teks.

Seret foto ke bidang teks
Ulangi langkah di atas sampai seluruh teks tertutup oleh foto-foto. Jangan lupa atur letak foto sedemikian rupa agar terlihat bagus.

Seluruh teks tertutup gambar

^Seret ke atas^ 
Setelah seluruh teks tertutupi foto, seret layer teks ke posisi paling atas
Seret layer teks ke paling atas





Layer teks setelah diseret ke posisi paling atas


Fill it!
Warnai layer teks dengan warna putih. Gunakan Paint Bucket Tool untuk tugas ini atau tekan G. Caranya klik ikon Paint Bucket Tool, lalu klik area di luar teks untuk menumpahkan cat putih dari paint bucket tool tersebut. Namun karena layer ini bukan layer gambar melainkan layer teks maka akan mucul jendela peringatan seperti ini:

Jendela peringatan, klik OK
klik OK untuk mengubah layer teks menjadi layer gambar (rasterize) setelah itu barulah layer teks ini bisa diwarnai.

 Pakai topengnya
  
Selanjutnya adalah trik layer mask. Dengan cara ini foto akan hanya terlihat di bagian teks, sehingga foto seakan-akan menyusun teks tersebut. Caranya pilih layer teks, lalu klik icon layer mask. 

Icon layer mask

Kemudian gunakan Magic Wand Tool atau tekan W untuk shortcutnya. Sambil menekan Shift klik setiap huruf, setelah semua huruf terseleksi yang ditandakan dengan adanya garis putus-putus di sekeliling teks tersebut, gunakan Paint Bucket Tool atau tekan G, tumpahkan cat berwarna hitam pada salah satu huruf. Dan hasilnya adalah:


Hasilnya


Hasil akhir
Demikian tutorialnya, selamat mencoba!

1 komentar: