10 Okt 2010

mengenal 3Ds Max

3Ds Max adalah program komputer berbasis 3D untuk modeling, rendering, dan animasi yang sangat populer dan banyak di gunakan di berbagai bidang. Bekerja dengan 3Ds Max berarti anda harus memiliki kerangka pikiran 3 Dimensi. Kreativitas dan imajinasi sangat dibutuhkan untuk membuat benda-benda 3D dan ruang 3D.


Begitu kita memulai program 3Ds Max, maka tampilan 3Ds Max adalah seperti ini :
  1. Menu Bar
    Berisi sekumpulan perintah dalam bentuk teks
  2. Graphite Modeling ToolsBerisi semua alat yang dibutuhkan untuk mengedit objek
  3. Main Toolbar
    Berisiperintah-perintahstandar yang seringdigunakan, sepertitransformasi, 3D Operation, material, rendering, dansebagainya
  4. Viewport
    Merupakan area tempat anda membuat model. Viewport ini mempresentasikan ruang 3D yang mengandung koordinat X, Y dan Z sebagaimana pada dunia nyata. Ruang kerja dalam viewport ini tidak terbatas. Anda bisa membuat objek sebesar apapun.
  5. Track Bar
    Memperlihatkan jumlah frame aktif, jumlah frame total serta keyframe dalam scene aktif.
  6. Mini Listener
  7. Cordinate Display
  8. Animation & Time Control
    Mengatur waktu dan durasi (jumlah frame), serta menciptakan keyframe dan memainkan animasi (Playback).
  9. Viewport Control
    Merupakanperintah yang berfungsi untuk mengatur layar atau mengubah pandangan dalam viewport, yaitu:

Zoom/Zoom All memperbesar dan memperkecil tampilan gambar dalam viewport aktif pada/pada semua viewport. Tariklah kursor vertical keatas/bawah di salah satu viewport.
Zoom Extents/Zoom Extents All memperlihatkan semua objek secara maksimal dalam viewport aktif/semua viewport.
Region Zoom memperbesar bagian tertentu dalam viewport. Klik dan tariklah area dalam viewport yang akan diperbesar.
Field of View memperbesar/memperkecil pandangan dalam viewport.Tombol ini hanya muncul pada viewport Perspective.
Pan menggeser layar di dalam viewport aktif
Arc Rotate memutar sudut pandangan dalam viewport aktif. Biasanya dilakukan pada viewport perspective atau user. Jika Anda melakukannya pada viewport orthogonal (top, left, atau front), viewport tersebut akan berubah menjadi User.
Min/Max Toogle mengubah viewport pada ukuran normal dan maksimalnya secara bergantian.

Untuk mematikan perintah-perintah dalam viewport control di atas, klik kanan mouse, atau berikanperintah lain (misalnya Move).

Ini adalah screenshoot Command Panel:


  1. Perintah Utama
  2. Kategori
  3. Sub Kategori
  4. Tipe Objek
  5. Rollout
Untuk mengenal bagian-bagian 3Ds Max silahkan sobat lihat video ini


Itulah bagian-bagian dari 3Ds Max, Insya Allah di lain waktu saya akan menulis tutorial 3Ds Max yang lebih lengkap lagi.

1 komentar:

  1. aw aw aw... maen 3ds max juga made - -
    bagi link tutorial nya dong #maksa




    -blogwalking-

    BalasHapus